Skip to main content

Manfaat Tombol Windows Yang harus kamu ketahui!

Saleum,

Bagi kamu yang menggunakan sistem operasi windows seperti Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8, ada baiknya kamu ketahui fungsi dan manfaat tombol windows di keyboard. Tombol windows ini akan berfungsi apabila digabungkan/dikombinasikan dengan tombol lain yang ada di keyboard.





Berikut daftar gabungan tombol windows dan tombol lain di keyboard yang mesti kamu ketahui:

Tombol windows + huruf L: 
Fungsinya: Memunculkan layar login.
Keterangan: Jika kamu hendak meninggalkan komputer/laptop, ada baiknya kamu tekan tombol ini agar tidak ada orang yang menggunakan komputer/laptop kamu dan harus menggunakan login terlebih dulu. Ini artinya komputer/laptop kamu AMAN dari gangguan tangan-tangan jahil.

Tombol Windows + tombol huruf E: 
Fungsinya: Membuka Window Explore bagian My Computer
Keterangan: Ketika kamu hendak mencari dokumen maka cukup menekan tombol ini maka Window Explore akan terbuka.

Tombol Windows + tombol huruf D:
Fungsinya: Kembali ke layar Desktop
Keterangan: Ketika kamu sedang menulis email atau mengetik password dan ada seseorang dibelakang kamu maka kamu tekan tombol ini untuk mengembalikan tampilan desktop.

Tombol Windows + tombol TAB: 
Fungsi: Memilih pergantian layar-layar aktif.
Keterangan: Ketika kamu sedangan bekerja dengan beberapa layar kemudian hendak berpindah ke sebuah layar maka cukup tekan tombol ini dengan posisi, tombol Windows tetap ditekan namun pemilihan layar dengan menekan tombol TAB berulang.

Tombol Windows + tombol huruf R, ketik psr: 
Fungsi: Membuka alat perekam windows.
Keterangan: Jika kamu hendak merekam kata-kata kemudian menyimpan di komputer, cukup tekan tombol ini untuk memunculkan aplikasi PSR. Pastikan punya microphone dulu!

Tombol Windows + tombol huruf R, ketik osk:  windows
Fungsi: Membuka keyboard virtual
Keterangan: Jika kamu hendak memunculkan keyboard virtual windows

Tombol Windows + tombol + atau -: 
Fungsi: Memperbesar atau memperkecil (zooming) tampilan layar.
Keterangan:

Tombol Alt+space+c: 
Fungsi: Menutup halaman/page yang sedang dibuka
Keterangan: Ada saatnya kita ingin menutup sebuah layar aktif karena sudah tidak diperlukan dalam bekerja maka cukup tekan tombol ini maka layar tersebut akan tertutup.


Pada Aplikasi Browser:

  1. Tombol Ctrl + TAB: Memilih atau bertukar halaman/page di browser
  2. Tombol Ctrl + W: Menutup halaman/page di browser
  3. Tombol Ctrl + Esc: Membuka menu START Windows.


Cara pintas dengan kombinasi tombol-tombol diatas akan mempercepat kerja kamu tanpa perlu menggeser-geser mouse lagi. Selamat mencoba!


Referensi: Di rangkum dari berbagai sumber:

Comments

Popular posts from this blog

Masalah Deassigned assigned hotspot mikrotik

Tiba-tiba dapat masalah user hotspot terputus dari jaringan dan otomatis internet terputus.  kemudian dilakukan pengcekan log dan didapatkan log mencurigakan dhcp1 deassigned .. dhcp1 assigned ... dhcp1 deassigned .. dhcp1 assigned ... dhcp1 deassigned .. dhcp1 assigned ... dan jumlahnya sangat banyak. Identifikasi dhcp1 adalah proses dhcp server meminjamkan (assigned) dan menarik kembali (deassigned) ip address ke perangkat di jaringan. setingnya di /ip dhcp server dengan mengacukan pada /ip pool dhcp_pool0 . TAPI hotspot mikrotik juga mengacu ke pool yang sama di /ip hotspot address-pool . Solusi: disable-kan dhcp server di hotspot. caranya masuk ke  /ip hotspot address-pool seting ke none. Sumber: https://forum.mikrotik.com/viewtopic.php?t=49054 Salam, Arie B. 

Merubah Akun Default SUPERUSER ( telcomadmin dan Support ) Pada Modem Huawei HG8245A Indihome

Tujuan merubah akun default modem huawei hg8245a ini adalah untuk melindungi modem dari tangan-tangan jahil yang mau merubah setingan modem. Klo modem ini digunakan di cafee, tentu yang terjadi adalah ketidaknyamanan menggunakan internet di cafe/warkop tersebut. Ok langsung saja, jadi perlu diketahui bahwasannya modem ini bisa diakses melalui IP 192.168.100.1 dan memiliki akun default yaitu: username: telecomadmin | password: admintelecom atau username: Support | password: theworldinyourhand Nah, coba saja salah satu akun diatas, insyaAllah bisa masuk dan mendapat akses SUPERUSER. Para teknisi telkom menggunakan akun ini untuk menseting modem-modem pelanggan tanpa perlu menanyakan password modem. Kedua akun diatas derajatnya lebih tinggi dibanding akun default yang tertulis di belakang modem, yang biasanya:  username: Admin | password: admin Baik, saya akan mejelaskan cara-cara merubah kedua akun default SUPERUSER tersebut. 1. Masuk ke modem HG8245A melalui web. biasanya be

Block iklan Ads melalui MikroTik

Assalamuallaikum Wr. Wb. bagi saudaraku muslim yang berkunjung ke blog ini. Salam dari banda aceh, prov terujung di pulau sumatera, satu-satu nya daerah/wilayah yang diberi kewenangan menjalankan syariat islam bagi pemeluknya. Ok, kali ini saya ingin mendokumentasikan teknis pemblokiran iklan atau ads yang sering sekali muncul ketika mengakses internet. Iklan atau ads ini bisa muncul ketika mengakses suatu website seperti detik.com, kompas.com, youtube.com atau ads yang muncul sebelum video streaming yang benar memutar. Ads ini tentu menganggu kenyamanan ketika surfing di internet dan juga membebani trafik jaringan karena ter-download ke jaringan lokal hingga masuk ke perangkat user. Ads bagi sebagian orang adalah income karena mereka berburu mendapatkan ads dari provider ads seperti google, youtube, yahoo dan sebagainnya. Namun bagi sebagian lain, mayoritas, ads mengganggu kenyamanan surfing internet dan beban trafik jaringan lokal. OK, adapun cara pemblokiran ads